Feb 2, 2010

Obama Akan Datang ke Indonesia Pertengahan Maret 2010


Presiden AS Barack Obama dan keluarganya akhirnya akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Obama akan datang ke Indonesia pada pertengahan bulan Maret. Tujuan kunjungan Obama ke Indonesia tidak hanya akan melakukan kunjungan kenegaraan, tetapi akan lebih dari itu, rumah masa kecilnya di kawasan Menteng dan menikmati nasi goreng nampaknya juga akan menjadi agenda Obama dalam kunjungannya ke Indonesia. Sebelumnya rencana kunjungan Obama ke Indonesia pada tahun lalu dibatalkan.

Dalam kunjungan Obama ke Indonesia bulan Maret mendatang, Obama dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan secara resmi meluncurkan US-Indonesia Comprehensive Partnership, sebuah inisiatif di mana Amerika Serikat akan memperluas dan memperkuat hubungan dengan Indonesia untuk menangani isu-isu regional dan global.

"Ada diskusi tentang penyusunan isi kemitraan komprehensif yang akan diluncurkan," kata Jurubicara Presiden, Dino Patti Djalal. "Makna dari kunjungan adalah untuk mengintensifkan hubungan Indonesia-Amerika untuk beradaptasi dengan tantangan abad ke-21."

Dino mengatakan hubungan itu tidak memiliki keseimbangan dalam masa lalu, dengan fokus terutama pada catatan Indonesia pada demokrasi, hak asasi manusia dan Timor Timur. "Kami ingin ini menjadi hubungan yang lebih komprehensif, yang meliputi bidang-bidang seperti energi, lingkungan, kesehatan, ilmu pengetahuan dan teknologi, perdagangan, investasi, orang-ke-orang kontak dan banyak lainnya," katanya.

"Trade volume pada tahun 2008 adalah $ 20 miliar. Pada tahun 2009, itu menurun karena krisis ekonomi. Investasi masih belum mencapai potensi penuh, jadi ada banyak aspek perdagangan yang masih dapat dikembangkan." Sebagai negara terbesar di Asia Tenggara, Indonesia dapat memainkan peran dalam memecahkan masalah-masalah dunia, termasuk perubahan iklim dan ekstremisme, katanya.

Tanggal yang tepat kunjungan Barack Obama ke Indonesia masih belum diketahui karena alasan keamanan. Gedung Putih mengatakan pada hari Senin lalu, bahwa Obama akan mengunjungi Indonesia dan Australia pada paruh kedua bulan Maret, namun Dino mengatakan dia mengharapkan Obama datang ke Indonesia di minggu kedua bulan Maret.

Obama, yang tinggal di Jakarta selama hampir empat tahun sebagai seorang anak, akan didampingi oleh Michelle Obama dan anak perempuan mereka Malia dan Sasha. "Ketika pertama kali Ibu Ani bertemu dengan Michelle Obama di London, Michelle mengatakan ia sudah ingin berkunjung ke Indonesia, tetapi mereka ingin membawa serta anak perempuan mereka agar ayah mereka dapat menunjukkan kepada mereka di mana dia tinggal," kata Dino.


Klik tombol untuk share di facebook Anda!

Berita Terkait



3 comments:

ducky on February 2, 2010 at 10:41 PM said...

bayangin kunjungannya bakal berlapis-lapis...ck ck...

dede on February 3, 2010 at 6:17 AM said...

Siap-siap jemput di cengkareng kang heheeh..siapa tahu kecipratan hehe

atopix on March 8, 2010 at 5:20 PM said...

janganlah kita gampang silau dengan obama hanya karena dia pernah hidup di menteng. ketahuilah siapa dia sekarang sesungguhnya. dia adalah presiden yg bertanggung jawab atas penjajahan di dunia modern ini, baik itu di afgan, irak ataupun pakistan. dia tak beda dari para pendahulunya. teroris sesungguhnya.

Post a Comment