Dec 11, 2010

Situs Indoleaks, Wikileaks Versi Indonesia


Situs www.indoleaks.org merupakan sebuah situs yang mirip wikileaks. Situs ini berisi dokumen rahasia negara mirip seperti wikileaks yang mengupload berbagai data rahasia dari berbagai negara. Menurut Gatot Dewobroto dalam wawancara di TVOne, pemerintah tidak mau terlalu reaktif dengan adanya situs indoleaks tersebut. Karena Indonesia tidak memiiki undang-undang rahasia negara, maka tidak ada satupun instansi yang berhak menutup website tersebut.

Menurut Usman Hamid dalam wawancara di tvOne, rahasia negara yang dibongkar di situs indoleaks memang benar orisinil tetapi rahasia tersebut sudah bukan merupakan rahasia. Bahkan informasi yang ada dalam situs indoleaks.org, masih jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan yang sudah dikonsumsi publik sejauh ini. Jadi tidak ada rahasia negara baru yang dibongkar dalam situs indoleaks, yang ada hanya rahasia negara lama yang tingkat kerahasiaannya sudah berakhir.

Posting pertama dalam situs indoleaks dibuat pada tanggal 12 Desember 2010, tetapi baru beberapa hari dibuat, situs indoleaks sudah mendapatkan visitor lebih dari 200.000, sebuah angka yang sangat tinggi untuk sebuah situs yang baru beberapa hari dibuat.


Klik tombol untuk share di facebook Anda!

Berita Terkait



0 comments:

Post a Comment