Oct 24, 2010

China Luncurkan Map World Menyaingi Google Earth


Perkembangan teknologi di berbagai bidang di China tumbuh sangat cepat. Salah satunya dalam bidang IT. China sudah launching sebuah program yang dapat menyajikan gambar dua dimensi (2D) ataupun 3 dimensi (3D) dari seluruh penjuru dunia. Program ini mereka beri nama Map World. Boleh dibilang Map World merupakan saingan Google Earth. Bahkan, Map World mampu menyajikan gambar satelit dengan resolusi 500 meter dan bisa ditingkatkan sampai 2.5 meter untuk peta China dan 0.6 meter untuk beberapa kota di China.

Berbeda dengan Google Earth yang melakukan update data geologis tiap beberapa menit, sedangkan Map World melakukan update data geologis di seluruh dunia setiap dua tahun sekali. Jika dalam menggunakan Google Earth kita harus menginstall program Google Earth terlebih dahulu, Map World dapat digunakan tanpa menginstall apapun. Anda dapat menjelajahi dunia cukup dengan mengunjungi situs www.tianditu.cn atau www.chinaonmap.cn. Sayangnya situs ini menggunakan bahasa dan huruf Mandarin entah karena unsur politik atau cinta tanah air, jadi tidak semua orang dapat menggunakan Map World.

Sebenarnya bagi kita yang tidak paham bahasa Mandarin juga dapat membaca dan memahami konten sebuah situs yang berbahasa Mandarin, atau bahkan bahasa apa saja yang menjadi bahasa ibu di seluruh dunia dengan menggunakan layanan http://translate.google.com. Tetapi tidak untuk situs tersebut di atas, karena sebagian besar tulisan dalam website tersebut merupakan image, dan google sampai sekarang belum bisa mendiskripsikan gambar, meskipun teknologi yang dipakai sudah menggunakan artificial intelligence. Jadi, kedua situs diatas tidak sepenuhnya dapat ditranslate ke dalam bahasa yang kita pahami.

Dari sisi user interface dan kemudahan dalam mengoperasikan, Google Earth masih jauh berada di atas Map World.

sumber (detikNet, Okezone).


Klik tombol untuk share di facebook Anda!

Berita Terkait



0 comments:

Post a Comment