Jan 26, 2010

Kontroversi Penggunaan Lambang Garuda Oleh Armani Exchange


Penggunaan logo kaos yang mirip burung garuda oleh Giorgio Armani menuai pro dan kontra. Kontrovesi penggunaan lambang Garuda oleh Union Jack ShoesArmani Exchange ini, dikarenakan lambang negara Indonesia tersebut ternyata belum dipatenkan. Karena itu, kasus penggunaan lambang Garuda dalam T Shirt Armani Exchange Studded Eagle tidak bisa diselesaikan secara hukum, yang bisa dilakukan adalah pendekaran politis. Selain itu banyak juga yang berpendapat bahwa lambang negara adalah hak publik. Misalnya penggunaan lambang Jack Union (bendera Inggris) untuk celana dalam saja tidak dipersoalkan. Ada juga yang menggunakannya untuk membuat baju seksi, bahkan juga sepatu Jack Union laris manis tanpa ada pihak yang mengusutnya.

Sexy Jack Union DressAda juga yang berpendapat bahwa pemakaian lambang garuda justru akan mempopulerkan Indonesia yang sekarang sedang surut gara-gara kasus bank century. Bahkan menteri Hukum dan HAM RI, Patrialis Akbar yang semula mengatakan 'Nggak boleh, kaos Armani pakai Garuda', tadi malam dalam berita di TVOne mengatakan yang sebaliknya. Boleh saja lambang negara digunakan asal tidak ada unsur pelecehan didalamnya. Union Underwear

Selain itu dalam sebuah komentar di Tempo Interaktif, seharusnya kita bangga, karena lambang negara kita digunakan oleh designer fashion terkenal dari Italy. Selain itu ada juga yang menghubungkannya dengan bendera Manaco yang berwarna sama dengan Indonesia, hanya bedanya, mereka sudah menggunakan bendera tersebut 13.700 sejak tahun yang lalu.

Kenapa harus ribut dengan lambang garuda yang digunakan untuk kaos, yang terpenting adalah akhlak dan tingkah laku kita sesuai tidak dengan Pancasila. Begitu ungkap salah seorang pembaca www.indomagz.com dalam postingan tentang pro dan kontra kaos berlogo Garuda sebelumnya.

Dalam sebuah blog yang menulis tentang AX Studded Eagle T Shirt, salah seorang pembacanya berkomentar,

Saya telah mencarinya di situs armani exchange,halamannya telah hilang dan tidak bisa dibuka..mungkin dia(AX)sadar bahwa perbuatannya tidak benar..garuda pancasila adalah lambang negara kami..yang kami junjung tinggi dan akan kami pertahankan sampai atitik darah penghabisan.kedaulatan berada di tangan kami.


Klik tombol untuk share di facebook Anda!

Berita Terkait



0 comments:

Post a Comment