Jan 3, 2010

Video Melahirkan Dalam Air


Sebelum kita melihat video melahirkan dalam air, mari kita bahas sedikit tentang proses melahirkan bayi dalam air. Melahirkan dalam air di Indonesia masih terbilang baru. Tetapi di Eropa proses melahirkan dalam air sudah menjadi hal yang biasa, terutama di Russia, negara yang memperkenalkan pertama kali metode melahirkan dalam air ini. Di Indonesia sudah ada beberapa ibu yang melahirkan menggunakan metode water birth ini. Salah satunya adalah Liz Adianti. Menurutnya, proses melahirkan dalam air mengurangi rasa nyeri pada saat pembukaan dan tidak terlalu melelahkan. Selain itu, pemulihan kesehatan pasca melahirkan juga lebih cepat.

Yang dikhawatirkan banyak ibu pada metode melahirkan dalam air adalah kekhawatiran bayi meminum air pada saat keluar dari rahim. Tapi menurut Dokter Otamar Samsudin, kemungkinan itu dapat diatasi. Selama dalam kandungan bayi juga hidup dalam air. Sang bayi mendapat pasokan oksigen dan makanan melalui ibunya lewat tali pusar. Kemungkinan bayi meminum air adalah karena bayi tersebut menangis pada saat keluar dari rahim. Triggernya antara lain perbedaan suhu air dalam kolam dengan suhu cairan dalam rahim, dan hal itu bisa diatasi dengan cara membuat suhu cairan di dalam kolam sama dengan cairan dalam rahim. Selain itu penyebab bayi menangis juga bisa dikarenakan putusnya tali pusar, untuk hal ini, kehati-hatian dokter sangat diperlukan. Selain itu, bayi juga hanya beberapa saat berada dalam air, sebelum bayi sempat meminum air di bak tempat melahirkan, bayi sudah diangkat ke pelukan ibunya.

Bagaimana, tertarikkah anda melakukan proses kelahiran dalam air. Kalau penasaran ingin melihat video proses melahirkan bayi dalam air, silahkan lihat videonya di link ini Natural Water Birth Video.


Klik tombol untuk share di facebook Anda!

Berita Terkait



2 comments:

ducky on January 4, 2010 at 12:00 AM said...

oh oh... takuuut.... hhhh ... ga bisa ngebayangin! denger cerita nyokap aja dah deg-degan...

Anonymous said...

waahh ngeri rasanya,... gak kebayang kalo suatu saat aq juga akan mengalami hal tersebut,...

Post a Comment