May 3, 2012

Situ Tirtomarto Tempat Wisata Indah Di Purbalingga


Situ Tirtomarto adalah sebuah kawasan dengan ratusan sumber air tanah yang terletak di dukuh Telaga, desa Karang Cegak, kecamatan Kutasari, Purbalingga, Jawa Tengah. Salah satu situ yang paling besar bahkan debit air tanahnya mencapai 5000 liter per detik. Warga setempat menamakan kawasan Situ Tirtomarto sebagai Kali Telaga. Airnya sangat jernih dan segar. Bahkan tak sedikit pengunjung yang meminum langsung air di tuk-tuk (sumber-sumber air tanah - red) tersebut, konon untuk menyembuhkan penyakit. Selain itu view dari kawasan ini juga sangat bagus, ke arah utara terlihat gagahnya Gunung Slamet yang bertengger kokoh, ke arah tenggara, terlihat gunung Sindoro Sumbing dan gunung Kukusan, pada pagi hari sun rise terlihat indah dari arah timur. Hamparan sawah sejauh mata memandang ke arah selatan. Pepohonan rindang di sebelah barat semakin membuat sejuk dan udara kaya oksigen membuat kita sehat.


Ada ratusan sumber air tanah di kawasan Situ Tirtomarto, ada Tuk Gede, Tuk Gendani, Tuk Mindri, dan lain-lain. Tuk yang terbesar adalah Tuk Gede, yang keluaran airnya mencapai 5000 liter per detik. Disinilah tempat para pengunjung berendam untuk menghilangkan nyeri otot dan pegal-pegal. Banyak pengunjung yang merasa badannya menjadi semakin fit setelah berendam di Tuk Gede. Bagaimana Tuk Gede bisa menghilangkan nyeri otot dan pegal-pegal? Bagaimana situ-situ di kawasan Situ Tirtomarto Purbalingga bisa membuat orang yang berendam menjadi semakin fit? Kenapa orang-orang banyak yang meminum langsung air dari sumbernya? Adakah kaitannya dengan mistis?


Penulis punya jawaban yang mungkin bisa menjawab sebagian dari pertanyaan-pertanyaan di atas. Berendam di Tuk Telaga bisa menghilangkan nyeri otot dan pegal-pegal karena tekanan hidrostatis dari air tanah tersebut. Tekanan hidrostatis air akan menekan ke segala arah. Jika kita berendam, maka tekanan hidrostatis akan menekan bagian tubuh kita dari segala arah. Tekanan inilah yang memberikan efek memijat ke seluruh bagian tubuh yang terendam, semakin dalam, tekanan hidrostatis semakin besar dan efek pijatnya juga semakin kuat. Efek memijat dari tekanan hidrostatis ini yang membuat para pengunjung Situ Tirtomarto menjadi hilang penatnya dan bertambah bugar setelah berendam.


Banyak pengunjung yang meminum langsung air dari sumber tuk telaga dan ada efek segar setelah meminum air tersebut. Ya, tentu saja. Karena sumber air di Situ Tirtomarto berasal dari kawasan Gunung Slamet, sehingga airnya kaya akan mineral. Mineral inilah yang menyebabkan efek segar setelah meminum air dari Tuk Telaga. Apakah masih berkaitan dengan mistis? Silahkan Anda datang langsung ke Situ Tirtamarta mumpung masih gratis, karena kawasan ini belum tersentuh pembangunan wisata. Jika ada investor yang melihat, tempat ini pasti akan semakin ramai setiap harinya, saat ini saja pada hari sabtu minggu pengunjung Situ Tirtomarto mencapai enam ratusan lebih.



Video situ tirta marta akan segera di upload.


Klik tombol untuk share di facebook Anda!

Berita Terkait



0 comments:

Post a Comment