Jan 31, 2010

Hati-Hati Warna Kulit Kuning Pada Bayi


Hati-hatilah jika Anda memiliki bayi dan ada warna kuning pada kulit bayi. Warna kulit pada bayi bisa jadi merupakan akibat dari pigmen bilirubin. Pigmen birilubin merupakan hasil penguraian dari sel darah merah yang sudah mati. Penguraian sel darah merah ini terjadi setiap jangka waktu tertentu yang normalnya dilakukan oleh hati, kemudian dibuang bersama air besar. Semasa dalam kandungan proses penguraian sel darah merah menjadi bilirubin ini dilakukan di hati Ibu. Setelah lahir, penguraian dilakukan oleh hati bayi, yang belum sepenuhnya sempurna. Akibatnya terjadi kelebihan bilirubin yang menyebabkan kulit bayi berwarna kuning (inkretus).

Penyebab kulit kuning pada bayi juga bisa diakibatkan oleh adanya gangguan pada pengeluarannya. Bilirubin yang seharus keluar bersama kotoran, tidak dapat keluar sehingga terjadi penumpukan bilirubin yang juga dapat menyebabkan kulit kuning pada bayi.

Warna kulit kuning pada bayi (inkretus) bisa bersifat patologik, yang dapat mengganggu saraf pusat bahkan kematian. Inkretus yang bersifat patologik ini disebut hyperbilirubinemia. Untuk mengetahui apakah bayi memiliki warna kulit kuning atau tidak, bisa dilihat secara langsung ditempat yang terang. Jika ada, akan terdapat blok warna kuning di bagian tubuh bayi. Selain itu juga bisa dilakukan dengan menekan bagian tubuh bayi dengan telunjuk selama beberapa detik, kemudian lepaskan, jika bekas bagian tubuh yang ditekan berwarna kuning, maka kemungkinan bayi memiliki bilirubin berlebih. Anda juga bisa langsung memeriksakan bayi Anda kedokter untuk mengetahuinya.

Warna kuning pada kulit bayi juga bisa bersifat fisiologik. Warna kulit ini terdapat pada bayi berusia 0-2 minggu. Ciri-cirinya warna kuning tidak sampai pada telapak tangan dan telapak kaki bayi, hanya dibagian tubuh yang lain dan jumlahnya tidak terlalu banyak. Tidak terlalu berbahaya. Cara mengatasinya adalah dengan menjemur bayi kurang lebih 30 menit di pagi hari sebelum jam 9. Jika lebih dari 2 minggu masih terdapat warna kuning, segeralah periksakan bayi Anda ke dokter.

Penyakit Kuning Pada Bilqis

Tadi pagi saya mendengar berita di Kabar Pagi TVOne tentang Bilqis, seorang balita berusia 1,5 tahun yang menderita kegagalan pembentukan empedu. Untuk menyembuhkannya perlu dilakukan operasi tranplatasi hati dan memerlukan biaya kurang lebih 1 milyar. Mengingat harta keluarga yang sudah habis untuk menyembuhkan penyakit ini, beberapa pihak yang peduli mendirikan posko koin cinta Bilqis. Semoga dana segera terkumpul dan Bilqis dapat segera dioperasi dengan lancar.

Menurut penuturan orang tua Bilqis, ketika masih bayi, kulit Bilqis juga berwarna kuning dan kehitaman. Dari tulisan di atas, kemungkinan warna kulit pada Bilqis juga disebabkan oleh bilirubin berlebih yang diakibatkan oleh kegagalan hati dalam menguraikan sel darah merah yang mati. Kegagalan ini menyebabkan bilirubin berlebih dan bersifat patologik. Hati-hatilah terhadap warna kulit kuning pada bayi Anda. Karena, bisa jadi warna kulit kuning tersebut dikarenakan kegagalan hati.


Klik tombol untuk share di facebook Anda!

Berita Terkait



0 comments:

Post a Comment