Dec 30, 2009

Abdurrahman Wahid / Gusdur Meninggal Dunia


Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau yang lebih dikenal dengan Gusdur, meninggal dunia akibat komplikasi penyakit jantung, gula dan beberapa penyakit lainnya. Gusdur meninggal dunia pada hari Rabu, 30 Desember 2009 pukul 18.40 wib di RSCM. Gusdur meniggal dunia pada saat SBY menjenguk tokoh yang suka humor tersebut. Kondisi Gus Dur memburuk setelah kadar gulanya menurun, keluarga langsung membawanya ke RSCM pada tanggal 25 Desember 2009, kondisinya sempat membaik setelah mendapat perawatan dokter, namun pada tanggal 30 Desember kemarin, nyawa Gusdur tak dapat tertolong. Kabar Gusdur meninggal dunia bukan hanya membuat rakyat Indonesia kehilangan, tetapi masyarakat dunia.

Semasa hidupnya Gusdur dikenal sebagai orang yang suka mengkritik lewat guyonan-guyonan segar. Melalui kecerdasan dan guyonan Gusdur, beliau mudah bergaul dengan tokoh-tokoh dunia. Gusdur juga dikenal sebagai tokoh yang kontroversial, bahkan ada tokoh yang berseloroh semasa hidupnya, hanya ada dua hal yang kita tidak tau, pertama kapan kita mati dan yang kedua, apa maunya Gusdur.

Gusdur merupakan presiden RI keempat pada tahun 2004, sebenarnya partai pemenang pemilu tahun 2004 adalah PDIP, jadi seharusnya yang menjadi presiden adalah Megawati, tetapi melalui poros tengah akhirnya Gusdur lah yang menjadi presiden, dan Megawati menjadi wakilnya. Namun, Gusdur hanya menjadi presiden selama beberapa saat saja, posisinya harus digantikan oleh Megawati, juga dengan alasan yang tidak jelas.

Gusdur juga merupakan tokoh yang sangat berpengaruh, terutama dikalangan masyarakat NU. Beliau pernah menjabat sebagai ketua PBNU. Pemikiran Gusdur untuk Indonesia tak terhitung, meskipun beberapa pemikiran Gusdur menimbulkan kontroversi. Sosok dan pemikiran Gusdur turut mewarnai sejarah Indonesia.

Selamat jalan Gusdur.


Klik tombol untuk share di facebook Anda!

Berita Terkait



1 comments:

Bisnis Di Internet on December 31, 2009 at 3:47 AM said...

Turut mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya Putra sekaligus Pemimpin Bangsa Gus Dur. Semoga diterima di sisiNya serta sanak keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Amin.

Cari Uang Di Internet

Post a Comment