Dec 6, 2009

Cara Melihat Tuyul


Fenomena Tuyul

Saat ini tuyul beredar diberbagai media. Setelah kehebohan video tuyul di Bogor, tuyul di Lampung, tuyul di Jawa Timur dan masih banyak tuyul-tuyul lainnya yang konon dapat terekam kamera sehingga tuyul dapat terlihat oleh siapapun dan menjadi tontonan yang menyesatkan. Lebih aneh lagi berbagai media di Indonesia yang membesar-besarkan berita sesat ini, padahal seharusnya media di Indonesia digunakan untuk memberikan informasi yang berguna dan tidak menjerumuskan masyarakat ke dalam kebodohan.

Tuyul hanyalah makhluk khayalan yang diciptakan oleh orang-orang yang tidak lagi memiliki rasionalitas dalam berpikir. Mereka yang ingin kaya mendadak, dan tidak mau bekerja keras dan tidak mau bekerja cerdas melamun dengan membayangkan ada sesosok makhluk yang dapat menghasilkan uang. Tentu saja mereka dapat kaya raya dalam sekejap, tapi itu hanya dalam lamunan, karena setelah semua lamunannya selesai, kekayaannya akan lenyap.

Tuyul juga merupakan tokoh khayalan bagi orang-orang yang iri dengan tetangganya yang sukses. Rasa iri ini kemudian menjadikan orang tersebut untuk mencari cara untuk menjatuhkan si Kaya. Akhirnya timbullah tokoh tuyul yang dia gunakan untuk menjatuhkan citra, martabat dan nama baik si Kaya dengan mengatakan kekayaan yang dimiliki oleh orang tersebut berasal dari tuyul. Hmmm...

Beternak tuyul

Saya pernah membaca dan melihat iklan ada paranormal yang menjual tuyul. Anehnya lagi banyak juga media yang mau dipasangi iklan-iklan kotor semacam ini. Saya jadi berpikir, jangan-jangan ada orang/lembaga/negara yang 'membiayai' paranormal tersebut untuk tetap 'beternak tuyul' dan 'berjualan tuyul' untuk menjerumuskan masyarakat Indonesia ke jurang kebodohan. Sebagai orang yang beragama kita memang harus percaya bahwa alam ghaib itu ada, tapi tuyul bukanlah makhluk ghaib, tapi salah satu tokoh fiksi dalam sebuah sinetron.

Cara melihat tuyul

Pernah saya bercanda dengan seorang teman dengan mengatakan bahwa saya dapat melihat tuyul. Teman saya tersebut penasaran sekali dengan candaan saya itu, padahal saya hanya bercanda. Akhirnya esoknya dia meminta saya untuk mengajarinya cara melihat tuyul. Timbul rasa iseng saya untuk memberikan pelajaran berharga pada teman saya itu. Saya memintanya untuk menyiapkan korek api, piring, lampu minyak, dan sebuah cermin. Dengan cepat teman saya tersebut dapat menyiapkan semua peralatan tersebut. Saya berpura-pura mencari tempat yang banyak tuyulnya, padahal yang saya lakukan adalah menyalakan lampu minyak dan piringnya saya putar-putar di lampu minyak yang menyala tersebut sampai piring bagian bawah berwarna hitam karena penuh dengan jelaga / langes.

Setelah semua selesai saya memanggil teman saya itu untuk bersiap-siap melihat tuyul. Saya memintanya untuk memejamkan mata. Lalu saya berikan piring yang penuh dengan jelaga tersebut. Selama saya membaca mantra, saya meminta teman saya untuk memegang bagian bawah piring dan memutar-mutar piring tersebut sampai saya bilang 'basuh' maka dia harus berhenti membesut piring dengan tangannya lalu mengusapkan telapak tangannya ke mukanya. Demikian dilakukan berulang-ulang.

Tentu saja saya melakukannya ditempat yang gelap, sehingga teman saya tidak melihat hitamnya bagian bawah piring yang sudah dipenuhi jelaga tersebut. Setelah tujuh kali membasuh mukanya dengan jelaga, saya meminta teman saya untuk membawa cermin yang sudah disiapkan, kemudian pergi ke tempat terang, maka tuyulnya ada di dalam cermin tersebut. Betapa kaget teman saya itu melihat sesosok dengan muka yang hitam pekat, semula dia mengira itu tuyul, padahal itu adalah wajahnya sendiri yang dia corengi sendiri dengan jelaga. Saya tersenyum, tapi akhirnya teman saya itu dapat mengambil 'hikmah positif' dari candaan saya itu.

By Seno.


Klik tombol untuk share di facebook Anda!

Berita Terkait



4 comments:

ducky on December 16, 2009 at 8:05 PM said...

wakakakakaka.....gubraaaaaakkk hihi...

eniwei.. met taon baru met libur ya kang seno..

Doanya

Anonymous said...

apa yang kita tidak percaya,bukan berarti hal itu tidak ada....

JUAL TUYUL on January 16, 2012 at 3:14 AM said...

Kalo saya malah JUALAN TUYUL sekarang...

Untungnya bisa 3-7juta/minggu...

Coba saja berkunjung ke:
www.BisnisTUYUL.com

Salam Kenal...

Anto kendal on January 20, 2012 at 5:39 AM said...

Wahh... Perlu belajar lg lu.. Tuyul,jin..Syetan itu jelas ada.. Krn mereka jelas bertugas menjerumus ato menyesatkan manusia dari jalan yg lurus..

Post a Comment