Dec 7, 2010

Piala AFF: Timnas Indonesia Juarai Grup A


Timnas Indonesia berhasil mengukuhkan posisinya dengan menjuarai Grup A dalam piala AFF. Tiga kali berturut-turut asuhan Alfred Riedl, pelatih asal Croasia, memenangkan pertandingan. Dengan hasil ini maka Indonesia berhasil masuk semi final dan akan bertemu dengan runner up Grup B. Dalam pertandingan semi final akan diberlakukan sistem home away.

Pada pertandingan perdana piala AFF, Indonesia vs Malaysia pasukan merah putih menang telak dengan skor 5-1. Dua pemain naturalisasi Christian Gonzales dan Irfan Bachdim berhasil mencetak gol. Tiga gol lainnya tercipta dari kaki M Ridwan, Arif Suyono, dan satu gol bunuh diri dari pemain belakang Malaysia.

Pada pertandingan kedua piala AFF Indonesia vs Laos, Indonesia berhasil menggunduli Laos dengan skor yang cukup telak, 6-0. Gol pertama dicetak Firman Utina melalui titik pinalti, kemudian diikuti oleh gol Mohammad Ridwan, gol ke tiga kembali dicetak oleh Firman Utina. Gol ke empat dicetak oleh Irfan Bachdim, gol ke lima dicetak oleh Okto Maniani, dan gol ke enam dicetak oleh Arif Suyono.

Pertandingan ke tiga Piala AFF Indonesia vs Thailand, timnas Thailand bermain ngotot, karena juara piala AFF dua kali berturut-turut ini dalam 2 pertandingan sebelumnya hanya bermain imbang. Banyak peluang tercipta untuk Thailand, tetapi tak satupun yang dapat membobol gawang Markus Haris Maulana. Di babak kedua, Thailand semakin ngotot, karena jika kalah maka Thailand gagal masuk semi final. Hasilnya pun manis, Sukha berhasil mencetak gol pada menit 68, Indonesia ketinggalan 1-0 di babak kedua. Alfred langsung memutar otak dan mengganti beberapa pemain termasuk Irfan Bachdim. Dan masuknya Bambang Pamungkas dan Arif Suyono mengubah pola permainan. Ketinggalan 1-0 membuat laskar merah putih tampil menyerang. Dan hasilnya pada menit ke 82, Gonzales dilanggar dikotak pinalti. Bambang pamungkas yang menjadi eksekutor berhasil membobol gawang Thailand, skor menjadi 1-1. Dan menit ke 89 Indonesia kembali mendapat hadiah pinalti setelah tendangan Arif Suyono sengaja disentuh oleh pemain belakang Thailand. Bambang yang kembali eksekutor, menyelesaikan dengan baik tugasnya dan skor menjadi 2-1 untuk Indonesia. Skor tidak berubah hingga laga usai.

Pada leg I semifinal piala AFF, Indonesia akan menghadapi Singapura runner up juara grup B pada tanggal 16 Desember 2010 di Singapura. Dan pada leg II semifinal piala AFF, Indonesia akan menghadapi Singapura di Gelora Bung Karno. Akankah Indonesia berhasil masuk final dengan mengalahkan Singapura? kita tunggu saja.


Klik tombol untuk share di facebook Anda!

Berita Terkait



0 comments:

Post a Comment