Nov 29, 2010

La Liga - El Clasico : Barcelona Bantai Real Madrid 5-0


Barcelona tampil gemilang saat melawan Real Madrid dalam laga La Liga yang berlangsung Selasa dini hari tadi (30 NOvember 2010). Dalam El Clasico jilid I ini Barcelona menang telak 5-0 atas Real Madrid dan berhasil memuncaki klasemen dengan 34 poin selisih 2 poin dengan Real Madrid yang memperoleh 32 pon. Seperti pada setiap pertandingan El Clasico, pasukan Catalan bermain agresif laksana tentara yang siap mati dalam pertempuran hidup mati. Xavi dan kawan-kawan bermain cepat dan menguasai permainan sepenuhnya sehingga Christiano Ronaldo cs tidak berkutik. Bahkan dalam pertandingan panas ini anak-anak asuhan Jose Morinho tampil kasar sehingga wasit berulang kali mengeluarkan banyak kartu kuning dan satu kartu merah untuk Diara yang melanggar keras Lionel Messi pada masa injured time.

Frustasi Ronaldo Mendorong Joseph Guardiola

Diduga karena frustasi tak pernah berhasil mendobrak pertahanan Barcelona, Ronaldo emosi dan mendorong Guardiola pelatih Barcelona pada saat El Real ketinggalan 2-0 di babak I. Sebuah tindakan yang tidak pantas dilakukan oleh seorang pemain termahal seantero jagad. Ronaldo pun diganjar kartu kuning. Victor Valdes yang tidak terima atas tindakan CR7 terhadap pelatihnya juga mendapat kartu kuning karena mendorong Ronaldo.

Pertandingan El Clasico Berlangsung Panas

Seperti biasa pertandingan El Clasico selalu berlangsung panas, hujan kartu kuning pun tak terelakkan. Tak kurang dari 12 kartu kuning dikeluarkan oleh wasit. Dimulai kartu kuning untuk Valdes dan ROnaldo pada menit ke 33, diikuti kartu untuk David Villa pada menit ke 34.Pemain belakang El Real, Pepe juga mendapat kartu kuning pada menit ke 36. Kemudian pada menit ke 45 Lionel Messi dilanggar keras oleh Carvalho tetapi wasit Iturraide Gonzales tidak dianggap sebagai sebuah pelanggaran, justru Messi yang kemudian terjatuh karena terkena sikut dari Carvalho dianggap sebagai diving dan ia dihadiahi kartu kuning.

Di babak kedua pertandingan semakin keras, dan kartu kuning pun bertaburan di Nou Camp. Pada babak kedua menit ke 51 giliran Xabi Alonso yang di kartu, diikuti pencaga gawang Real Madrid, Casilas satu menit setelahnya. Menit ke 71 giliran R. Carvalho 2 menit kemudian giliran S. Ramos dan dua menit setelahnya giliran S Khedira. Menit ke 81 pemain bertahan Carlos Puyol mendapat kartu kuning karena melakukan tackle terhadap Xabi Alonso. Dan menit ke 90 Segrio Ramos mendapat kartu kuning kedua dan kartu merah atas melanggar keras Lionel Messi diikuti dengan mencengkeram dan mendorong wajah Carlos Puyol yang datang untuk memprotes ulah Ramos terhadap Messi. Masih emosi Ramos juga mendorong wajah Xavi Hernandez saat meninggalkan lapangan. Dan kartu kuning terakhir dikeluarkan untuk Xabi Hernandez pada menit ke 90. Total ada 13 kartu kuning, 5 kartu untuk para pemain Barcelona dan 8 kartu kuning plus 1 kartu merah untuk para pemain Real Madrid.

Jalannya Pertandingan El Clasico / Barcelona vs Real Madrid

Walaupun banyak kartu kuning yang dikeluarkan Iturraide Gonzales, tetapi pertandingan Barca vs El Real tetap menarik untuk dilihat. Barcelona yang bermain khas dari kaki ke kaki dengan satu sentuhan menguasai 65% jalannya pertandingan. Dan permainan cepat Barcelona berbuah manis ketika Xavi Hernandez berhasil melesatkan si kulit bundar ke jaring Casilas pada menit ke 10. Delapan menit kemudian giliran Pedro Rodriguez yang mencetak gol kedua untuk Barcelona. Real Madrid sempat mengancam gawang Valdes melaui kaki Ronaldo, tapi dua kali tendangan Ronaldo melenceng ke sisi kanan gawang. Kedudukan 2-0 tidak berubah hingga babak I usai.

Di babak kedua, Barcelona semakin menguasai lapangan. Baru 10 menit babak kedua berjalan, David Villa mendapat umpan terobosan dari Messi, dan Villa dengan sempurna menyarangkan bola ke gawang Casillas. Tiga menit kemudian, Villa kembali mendapat bola terobosan dari Messi dan lagi-lagi Villa membobol gawang Casillas dan merubah kedudukan menjadi 4-0. Setelah goal ke 4 ini, beberapa peluang diperoleh oleh Lionel Messi dan kawan-kawan, tetapi permainan yang mengarah kasar yang diperagakan oleh para pemain Madrid, berhasil menggagalkan peluang meski resikonya mereka harus menerima beberapa kartu kuning.

Jose Morinho mencoba mengganti strategi dengan menarik Ozil dan menggantikannya dengan Lassana Diara. Tetapi pergantian ini tidak merubah permainan, Madrid tetap dalam tekanan asuhan Guardiola. Guardiola juga menarik semua pemain yang sudah mencetak gol, yakni Xavi Hernandez diganti oleh Keita, Pedro digantikan oleh Bojan, dan David Villa digantikan oleh Jeffren Suarez. Pergantian ini tidak sia-sia, pada menit ke 90 sontekan Jeffren Suarez menutup pesta gol Barcelona atas Real Madrid dengan kedudukan 5-0.

Dengan kegagalan ini, strategi apa yang akan digunakan pelatih kontroversial yang dijuluki The Special One untuk menghadapi laga El Clasico jilid II minggu depan? Kita tunggu saja. Untuk Anda yang tidak sempat menonton pertandingan Barcelona vs Real Madrid, jangan khawatir, Anda dapat menonton siaran ulang pertandingan El Clasico sore ini pukul 15.30 wib di TVOne.


Klik tombol untuk share di facebook Anda!

Berita Terkait



0 comments:

Post a Comment