Jun 9, 2009

Jembatan Suramadu Di Resmikan 10 Juni 2009


jembatan suramadu

Hari ini 10 Juni 2009 jembatan yang menghubungkan Surabaya - Madura diresmikan penggunaanya oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Undangan yang hadir pada peresmian jembatan suramadu lebih dari 6500 undangan. Jembatan Suramadu merupakan jembatan terpanjang di ASIA yakni 4,1 km. Dana pembuatan jembatan suramadu menghabiskan budget 4 trilyun lebih. Dana tersebut berasal dari pinjaman China dan sebagian kecil dari APBN. Pembangunan jembatan suramadu baru selesai setelah menelan waktu 6 tahun. Peresmian pembuatan jembatan suramadu dilakukan oleh presiden Megawati pada tahun 2003 dan baru selesai pertengahan tahun 2009.

Bagian tertinggi dari Jembatan Suramadu ini adalah 38 meter diatas permukaan laut. Jembatan yang memiliki panjang 4,1 km dan lebar 30 meter ini bukan hanya digunakan untuk kendaraan roda empat, tapi sepeda motor juga bisa melalui jembatan penghubung dua pulau ini. Sampai 10 hari pertama merupakan tahap uji coba, pengguna belum dikenakan biaya. Nantinya biaya kendaraan roda empat akan dikenai biaya 35.000 rupiah dan sepeda motor 3500 rupiah.

Pembangunan jembatan suramadu diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejarhteraan warga Madura khususnya. Karena Madura merupakan daerah yang paling tertinggal dari daerah lain di Jawa Timur. Sekarang warga Surabaya Madura hanya memerlukan waktu 10 jika menggunakan mobil dengan kecepatan rata-rata 60km/jam. Sementara jika menggunakan jalur laut memerlukan waktu lebih dari 30 menit.



Klik tombol untuk share di facebook Anda!

Berita Terkait



0 comments:

Post a Comment